Translate

cara membuat animasi 3D

1.Membuat Animasi Tanaman Tumbuh Dengan 3DS MAX


Membuat animasi tanaman tumbuh dengan 3DS MAX dan plugin IvyGen untuk membuat daun menjalarnya. Modelingnya cukup bikin berat komputer euy, coz IvyGen punya banyak polygon kecil. Maklum, kompie saya jauh dai kesan komputer multimedia...jhehehe....

Sebelum ke tutorial, anda harus mendownload pluginnya terlebih dahulu. klik disini untuk mendownloadnya

Hasil akhir videonya seperti ini:


langsung aja om kita ke TKP....

-Untuk persiapan, buat dulu garis menggunakan line. Klik Create > Shape > Line.


-Pada viewport front, atur bentuk garis seperti gambar dibawah:

 -Supaya bentuk garis lengkungannya 3D, atur posisi vertex dengan menggunakan Select and Move.


-Saya mendapatkan bentuk garis seperti ini. Bentuk garis bisa bebas, gak harus sama seperti gambar
 dibawah. Garis ini hanya untuk jalur tumbuh dan bentuk rantingnya saja.


-Untuk membuat ranting, kita akan menggunakan beberapa circle. Klik panel create > shapes > circle.

 -buat beberapa lingkaran dengan ukuran bervariasi pada viewport top. Saya membuatnya 5 buah...

-Agar semua lingkaran menjadi satu objek, klik kanan pada salah satu lingkaran > Convert to > Convert to Editable Spline.

-Pada Parameter Editable Spline, klik tombol Attach Mult dan pilih semua circle/objek lingkaran pada jendela Attach Multiple (Hati-hati, jangan sampai objek line/garis terseleksi). Kalau sudah, klik ok. Maka semua lingkaran menjadi satu objek...


-Seleksi objek lingkaran dan klik panel Modify > Modifier List: Extrude agar lingkaran menjadi tebal.


-Pada parameter extrude, atur nilai Amount = 30 saja.


-Klik kanan kembali objek lingkaran > Convert To > Convert to Editable Poly.


-Klik tanda plus (+) pada Editable Poly dan pilih Edge. Seleksi semua Edge kecuali bagian atas dan bawahnya.

-Klik tombol Connect Setting, maka akan muncul jendela Connect Edges. Atur nilai Segments = 50. Klik ok...  jangan lupa matikan mode edge...
 -Masih objek lingkaran terseleksi, klik panel Modify > Modifier List: PathDeform (WSM)


-Pada parameter, klik tombol Pick Path lalu klik pada garis/line. Klik lagi tombol Move to Path dengan sumbu X.

-Agar durasi animasi lebih lama, klik kanan tombol play dan atur Length = 300.


-Posisikan time slider agar berada pada frame pertama dan atur nilai Stretch = 0 pada modifier PathDeform (WSM). Klik tombol Auto Key dan posisikan time slider agar berada pada frame 130 lalu atur nilai Stretch = 23. Matikan tombol Auto Key....


-Atur nilai Twist = 2000 agar terlihat seperti akar...


-Sekarang, kita akan membuat animasi daun-daun yang tumbuh menggunakan plugin IvyGen dari Guruware. Klik create > Geometry > Pada menu dropdown pilih Guruware > gwIvy


-Pastikan Ikon ditempatkan dibawah lingkaran.


-Posisikan time slider agar berada di frame pertama lalu klik tombol Auto Key.


-Geser time slider ke frame 140 dan klik tombol Grow Ivy agar tanaman tumbuh.


-Tunggu sampai tanaman menjalar memenuhi panjang lingkaran. Pada kasus ini, Ivy tumbuh sampai nilai Age =407 saja. Hasilnya sebagai berikut.

-Nah, saatnya membuat pot. Saya menggunakan objek cylinder dengan radius = 10, Height = 20 dan height segment = 1 saja agar mudah membentuk bagian atasnya. Untuk Ivy, saya sembunyikan dulu agar lebih gampang.


-Ubah silinder menjadi Editable Poly. Masuk ke panel modify dan pada Editable Poly, pilih Polygon. Klik polygon bagian atas saja.

-Perbesar polygon bagian atas tersebut menggunakan tool select and scale sampai bentuknya mirip dengan ember kecil.

-Setelah diperbesar, hapus polygon bagian atas tersebut. Maka bagian atas akan berlubang, tapi bentuknya sangat tipis.

-Agar pot menjadi tebal, kita akan memberi modifier Shell. Klik panel Modify > Modifier List: Shell.


-Atur nilai Outer Amount pada parameter Shell menjadi 0,5 agar tidak terlalu tebal. Lihat gambar atas gan...

-Beres, tahap modeling dan animasi sudah selesai. Sekarang, saatnya memberi material.


-Untuk material Lingkaran/ranting saya memberi warna Diffuse dengan coklat tua dengan specular rendah supaya gak kinclong saat dirender. Saya juga memberi bump agar permukaan agak kasar. Walau hasilnya setelah dirender gak ada perbedaan.... :-)


-Warna pot saya buat dengan warna hijau tua dengan specular agak tinggi agar terkesan silau saat terkena cahaya.

-Ok deh, hasil akhir yang saya buat ditambah dengan background adalah sebagai berikut:

-Videonya bisa agan lihat diatas...

Emh, alhamdulilah beres juga om. mungkin kalau mau, agan bisa menambahkan background hutan agar terlihat pohon yang tumbuh dihutan gitu... Atau mungkin menambahkan bunga di ujung ranting. Yah, teknik ini cukup keren untuk sesuatu yang bertemakan alam dan penghijauan. Misalnya untuk iklan agar menanam pohon, membiarkan pohon tumbuh, dan lain-lain.

Semoga tutorial 3DS MAX ini bermanfaat, Dan selamat berkarya.
Terimakasih....

 2.cara membuat animasi 3d max

Kita harus memutuskan untuk menghidupkan karakter dalam 3d studio max cara sederhana untuk menghidupkan karakter kita harus berkaki dua rig dengan karakter hanya kita memiliki karakter dan perusahaan terbuka di 3d max sekarang kita harus mengatur berkaki dua dengan karakter. Kita harus membuat berkaki dua pertama kita harus masuk ke sistem opsi terakhir berkaki dua dan berkaki dua pilih tarik untuk karakter tersebut dari tampilan depan seperti yang kita lihat dalam gambar 1 (A)
 
 
 
Kemudian kita harus memilih karakter dan pergi ke memodifikasi panel dan pilih modifier kulit maka kita klik modifier kulit terbuka pada amplop tekan tombol Tambahkan dan pilih semua obyek berkaki dua. Kemudian kita harus memeriksa vertex seperti yang kita lihat dalam gambar 1 (B)


 Berkaki dua adalah dicurangi dengan karakter. Ketika kami menghidupkan karakter berkaki dua juga bergerak sekarang kita pilih berkaki dua dan masuk ke panel gerak dan sederhana membuat jejak berkaki dua tetapi ketika kita rig berkaki dua dengan karakter kita harus yakin bahwa modus sosok berkaki dua dipilih. kita menciptakan jejak berkaki dua untuk memeriksa berkaki dua yang dicurangi dengan karakter atau tidak setelah kami membuat jejak berkaki dua yang kami bermain animasi dan kita melihat berkaki dua benar-benar dicurangi dengan karakter dan karakter bergerak seperti yang kita lihat dalam gambar 1 (C)

kita bisa lihat sebagai berkaki dua berjalan karakter juga berjalan dengan berkaki dua, tetapi di sini adalah satu masalah beberapa bagian dari karakter terganggu dan sekarang kita harus mengatur node karakter. Kami pilih karakter masuk ke panel memodifikasi kulit terbuka masuk ke dalam amplop dan mengecek titik dan melihat bagian mana dari karakter terganggu seperti yang kita lihat kedua kaki dan kedua lengan atas karakter terganggu pertama kita harus memilih BIP hak anak sapi tidak pilih dengan menekan tombol h kami betis kanan pilih dari berkaki dua di modifier kulit dan titik betis hanya memilih lalu kita pergi ke sifat berat dan sifat di set ke 1, tetapi juga dalam pengubah kulit seperti yang kita lihat dalam gambar 1 (D) dan gambar 1 (E)
 
 
 
 
Kemudian kita harus memilih paha kanan lagi berkaki dua dan langkah yang sama seperti yang kita lakukan dengan betis kaki kanan. Kemudian kita harus memilih meninggalkan paha dan betis dan lagi ulangi langkah yang sama seperti yang kita lakukan dengan betis dan paha kanan. Kemudian kita pilih semua bagian dari berkaki dua dan melihat semua node memiliki sifat berat 1 jika tidak 1 maka kita harus memberikan 1 lembah semua vertex tetapi kita harus ingat 1 hal jika kita pilih lengan dan kami memberikan bobot untuk vertex tulang belakang maka simpul karakter terganggu pekerjaan ini sangat hati-hati untuk dilakukan. Kami telah melakukan semua simpul setelah melakukan semua yang kita pilih bagian berkaki dua semua dengan menekan h dan menyembunyikan semua pekerjaan kita telah selesai. Karakter berhasil dicurangi oleh berkaki dua
 
 
SEMOGA BERMANFAAT  :D

3.cara membuat animasi di 3d max

by Apandi Indrawan Apandi25 on 12:36 AM, 02-May-12
Membuat rumput 3 Dimensi kini semakin mudah dilakukan dengan aplikasi software 3 Dimensi. Anda dapat menggunakan aplikasi 3ds max misalnya. Namun fitur untuk membuat rumput ini, baru tersedia di 3ds max versi 8 keatas (di versi 7.5 sebenarnya sudah tersedia, hanya saja prosedur penginstalannya agak sedikit panjang. Disarankan Anda menggunakan 3ds Max versi 8 keatas). Fitur tersebut bernama Hair and Fur. Fitur ini tidak saja berfungsi untuk membuat rumput, namun sesuai dengan namanya, dapat juga membuat rambut dan bulu 3 Dimensi. Dengan adanya fitur ini, objek rumput yang dibuat akan tampil lebih nyata dan realistik.

Cara membuatnya:

1. Pada Command Panel, klik tab Create>Geometry>Plane

2. Buka rollout KeyboardEntry dan Anda isikan nilai seperti petunjuk gambar dibawah. Lalu klik tombol Create

3. Buka tab Modify

4. Di rollout Parameters, Anda isi nilai parameter seperti petunjuk dibawah

5. Klik kotak warna seperti pada gambar dibawah

6. Pilih warna coklat dan tekan tombol OK

7. Klik kotak bertuliskan Modifier List (seperti pada petunjuk dibawah)

8. Klik pilihan Hair and Fur (WSM).

9. Buka rollout Material Parameters dan ubah warna pada Tip Color menjadi warna hijau muda dan Root Color menjadi warna hijau tua

10. Memilih warnanya seperti pada panduan gambar berikut

11. Setelah selesai, Anda klik menu Rendering>Render

12. Klik tombol Render

13. SIMSALABIM!! Sekarang Anda sudah punya halaman sendiri. 
 
4.cara Membuat Film Dengan 3D Visual Effect Canggih

Film-film Hollywood banyak menggunakan visual effect canggih yang membuat film mereka lebih hidup. Kenapa orang Indonesia belum bisa membuat film yang berkualitas seperti orang luar sana? Padahal selidik sana sini sebenarnya orang Indonesia banyak dapat kerjaan dari production house dari luar. Sebenarnya game-game 3D Visual juga ada beberapa yang hasil kerjaan production house Indonesia juga. Jadi sepertinya buka masalah kemampuan tapi masalah ide kreatif yang kurang. Sehingga kita hanya bisa mengerjaakn proyek orang lain, dan masih belum bisa menghasilkan produk sendiri yang berkualitas.Di internet banyak tutorial dan cara bagaimana menghasilkan film dengan 3D Visual effect canggih. Contohnya ada tutorial bagus dari Wikipedia di sini yang memberikan informasi bagaimana film dengan visual effect canggih bisa dihasilkan. Mulai dari teknik-teknik sederhana, penggunaan software, dan penggolahan film sehingga bisa menjadi film dengan kualitas hollywood. Beberapa langkah praktis dalam membuat film tersebut kira-kira seperti berikut: 
 
1. Shoot film, seperti kegiatan produksi film biasa. Lakukan pengambilan gambar yang diperlukan.

2. Buat visual effect atau animasi dengan software 3D. Bisa dengan 3dmax, lightwave, Cinema4D, Maya, atau yang gratis Blender. Software tersebut sebenarnya merupakan software 3D modelling yang juga bisa untuk animasi. Selain software diatas ada beberapa software yang memang khusus untuk keperluan animasi & visual effect movie yaitu Vue, Bryce, Poser, dan DAZ Studio.

3. Setelah animasi dan visual effect selesai selanjutnya dilakukan kombinasi atau penggabungan antara visual effect yang biasa disebut compositing. Software yang digunakan bisa dengan Apple Shake, Adobe After Effects, Autodesk Combustion, D2 Software Nuke, Eyeon Digital Fusion, Jahshaka. Namun untuk hasil yang lebih real atau nyata bisa menggunakan platform yang mengkombinasikan solusi software & hardware. Platform tersebut bisa dengan Autodesk Inferno, Autodesk Flame, dan Autodesk Flint.
Itulah ringkasan langkah-langkah praktis produksi film dengan animasi dan visual effect.
 5. tutorial

agaimana membuat animasi dari 3Ds max, berikut ini saya akan menunjukkan sedikit cara mudah menggerakkan kamera pada 3DS max hingga diperoleh animasi gerak kamera yang halus, cara ini banyak digunakan untuk gambar visualisasi arsitektur untuk presentasi ataupun tugas kuliah arsitektur. Karena ini adalah tutorial menggerakkan kamera pada 3Ds max jadi disini tidak akan ditunjukkan cara lainnya seperti cara setting material.
Saya akan memberi contoh untuk menggerakkan kamera disekitar text dengan menggunakan target camera, pertama bikin dahulu text yang ingin anda jadikan target

untuk obyeknya, jika anda belum tahu caranya ikuti saya, klik icon create  kemudian pilih text lalu ketik text yang ingin anda gunakan, dalam kolom parameter anda bisa memasukkan settingan seperti ukuran text, font yang ingin dipakai, dll. Selanjutnya setelah anda membuat text, pilih menu modify lalu pilih extrude pada menu dropdown modify list, sebelumnya pastikan text anda dalam keadaan terpilih, dalam pilihan extrude masukkan nilai yang anda inginkan, nilai ini digunakan untuk memberi ketebalan pada text anda, setelah selesai putar text anda tersebut 90° yups, dari langkah ini objek sudah selesai. Dilanjutkan ke langkah selanjutnya, buat sebuah kamera bertarget dengan cara mengeklik create  lalu pilih cameras buat kamera bertarget dengan mengeklik target klik tombol tersebut hingga menyala, kemudian klik pada layout anda untuk memasukkan kamera tersebut.

Tempatkan target kamera anda pada posisi ditengah obyek, ini dilakukan jika anda menginginkan nanti hasil render akan terlihat memutar, namun jika ingin bergerak tidak memutar ikuti langkah saya dibawah ini.
Pertama buat sebuah garis yang akan digunakan sebagai jalan kamera tersebut, klik pada tombol create lalu pilih shape kemudian klik tombol line lalu pada parameter creation method anda pilih smoth semua pada kolom initial type dan drag type dalam keadaan terpilih drag pada layout anda untuk membuat garis jika ingin mengahiri klik-kanan pada maouse anda. yups, untuk langkah ini anda sudah selesai, namun jika garis anda mempunyai arah yang kurang sesuai dengan yang anda inginkan klik pada shape tersebut kemudiah pilih modify lalu klik vertex ubah posisi vertex pada garis anda tadi dengan mengeklik tombol move lalu drag vertex pada line tersebut hingga mempunyai bentuk seperti yang anda inginkan, sebenarnya untuk dijadikan jalan kamera semua shape bisa digunakan, namun untuk contoh ini saya akan menggunakan shape line.
Setelah line sudah selesai pilih kamera ( bukan target kameranya ) lalu klik pada pilihan motion lalu anda akan diberi dua pilihan antara parameter dan trajectories setiap pilihan mempunyai kelebihan tersendiri namun pada contoh ini saya akan menggunakan parameters.
klik pada parameters lalu klik pada rollout assign controller pada pilihan ini anda akan diberi 3 pilihan pada textareanya, namun untuk membuat animasi kamera klik pada Position hingga menyala lalu klik pada tombol anda akan diberi banyak pilihan, pilih saja pada pilihan path constraint lalu pilih OK
Setelah selesai drag kebawah dan pilih Add Path pada rollout Path Parameters lalu pilih line yang sudah anda buat tadi.
sampai disini seharusnya sudah bisa dilihat hasilnya, coba klik icon play atau tekan tombol / pada keyboard anda untuk memainkan animasinya, untuk cara ini akan secara otomatis menggunakan setting frame yang anda gunakan, namun anda juga bisa mengedrag timelinenya menjadi yang anda inginkan atau rescale timeline untuk memperpanjang durasinya, jika animasi kamera anda masih terlihat memutar lakukan langkah yang sama untuk menganimasikan target kameranya, dengan cara ini anda akan mempunyai view dari kamera dengan gerakan yang halus.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar